Jumat, 15 Mei 2009

SYBIL



adalah sebuah buku yang menceritakan kisah nyata dari seorang wanita bernama Sybil yang kepribadiannya terpecah menjadi 16 kepribadian yang berbeda. Hmm... saya interest bgt waktu tahu tentang buku ini untuk pertama kalinya soalnya saya hanya tahu ttg orang dengan kepribadian ganda, atau yang paling banyak ada 4 kepribadian dalam satu individu, tapi Sybil- surprising - 16 kepribadian! Bahkan dua dari ke16 kepribadiannya itu merasa bahwa mereka adalah laki-laki. Sybil sendiri tidak menyadari (atau mungkin tidak ingin menyadari) bahwa ia memiliki 16 kepribadian itu, hal inilah yang menyulitkan dirinya pada masa-masa penyembuhan. Kepribadiannya sudah disasosiasi (terpecah) sejak usianya 2,5 tahun! Dan baru mulai dianalisa oleh Dr. Wilbur (psikiater Sybil) pada saat usianya 22 th. Lebih tepat lagi proses terapi terhadap Sybil ketika usianya memasuki 30 th karena pada th 1945 ia bertemu dengan Dr. Wilbur dan baru benar2 mendapatkan terapi penyembuhan saat th 1954. Awalnya Sybil hanya merasa aneh, karena ia sangat bermasalah dengan sesuatu yang bernama waktu dan ingatan.


Why? e.g kejadian saat ia 'tiba-tiba' merasa sudah ada di kelas 5. Sybil betul-betul yakin bahwa ia sebenarnya masih kelas 3.. tapi pagi itu, tiba-tiba saja ia berada di kelas 5 dengan teman-teman yang sama, dan masih di sekolah yang sama, namun dengan guru yang berbeda yang mengajar anak-anak kelas 5. Sybil jadi benar-benar bingung mengapa ia bisa berada di kelas 5 dan apa saja yang ia lakukan selama 2 th terakhir, ia betul-betul tidak ingat, tidak bisa mengingat apapun yang terjadi. Dan yah, ternyata selama 2 th berjalan itu Peggy-lah (salah satu nama saat Sybil berubah kepribadiaannya) yang muncul menggantikan Sybil. Ini hanya lah salah satu kejadian yang sering terjadi pada Sybil, lebih banyak lagi misalnya tiba-tiba saja ada begitu banyak pakaian, topi, lukisan yang aneh-aneh (tidak sesuai dengan selera Sybil) yang muncul di kamarnya. Tidak aneh sebetulnya, karena sebetulnya kepribadiannya yg lain lah yang melakukan semua itu.


Melalui penyembuhan yang dilakukan bersama Dr. Wilbur, akhirnya terkuaklah penyebab2 dibalik adanya disasosiasi kepribadian Sybil. Berawal dari keluarga yang broken home. Eit, jgn sangka broken home disini adalah perceraian ortu, lebih complicated dari itu. Sybil memendam (me-represi) emosinya selama kurang lebih 30 th tentang penyiksaan2 yang dilakukan ibunnya sejak ia masih balita. Ibunya sering menyakitinya-slh satunya yang parah- memasukkan gesper sepatu ke dalam lubang vagina Sybil, dan penyiksaan2 lainnya yang....Naudzubillah (ayahnya sekalipun tdk mengetahui hal ini). Disamping itu keluarganya sangat penuh dengan aturan agama yang fanatik, kaku dan tidak memberi ruang baginya untuk bertanya tentang segala hal yang diharamkan atau dihalalkan. Seperti misalnya hubungan antara laki-laki dan wanita yg sgt tabu bagi keluarganya. Namun di sisi lain Sybil sangat tertekan karena hingga usia 9 th ia masih tidur bersama sekamar dengan orangtuanya-dan ia dicekoki dgn adegan-adegan yg tidak sepatutnya dilihat anak seumurannya- yakni saat keduaorangtuanya melakukan hubungan seks pada mlm hari saat Sybil akan tidur. Naudzubillah...Dan ini dialaminya hingga ia berumur 9 th! Penyebab lainnya yakni ibunya yg ternyata seorang schizophren, yg banyak bertingkah aneh (perilakunya sangat dluar batas yg sebaiknya anda baca sendiri di bukunya) yg kemudian sgt membuat Sybil tertekan, hingga dalam ambang ketidaksadarannya Sybil sgt membenci ibunya-bahkan ingin membunuhnya.


Oh well, itu adalah sekelumit cerita dari buku Sybil. I'm really recommend this book particularly buat para psikolog, psikiater, atau dokter sekalipun. Sangat bagus meskipun anda harus benar-benar fokus pada saat awal2 membaca buku ini, karena Sybil, sering berganti nama dengan yang lain sehingga nama tokoh yang ditulis di cerita berubah-ubah. Namun anda tidak akan kesulitan karena pada lembar2 pertama dari buku ini terdapat sebuah silsilah- lengkap dgn nama- disasosiasi kepribadian yg dialami Sybil. Though- perhatikan benar2 saja silsilah itu maka anda tidak akan bingung. Yang serunya lagi ada lampiran gambar-gambar yang dibuat oleh Sybil dan kepribadian2nya yg lain, yg dilampirkan pada hlman2 belakang dari buku ini. Then..., check it out!

oh iya, sudah ada film adaptationnya juga lho!

1 komentar:

fauziahnw mengatakan...

buku yang sering sirekomendasikan bu dosen untuk belajar kepribadian...^^