Selasa, 29 September 2009

PPMi Rabingah Prawoto

Yayaaya....saya sangat disibukkan oleh sesuatu yang menjadi judul postingan kali ini. Hmmm, bikin saya lupa sama blog tercinta ini...Tapi, apa sih sebenernya PPMi Rabingah Prawoto? Let's see..

Menjadi seorang santri adalah salah satu impian di masa kecil saya. Dan Alhamdulillah Allah menunjukkan jalan-Nya. Meskipun ada kekurangan di sana-sini tapi saya belajar mencintai-nya (baca: pondok yg saya tempati). Dan yak..! Saya sukses, terbukti malam ini saya kangen berat pengen ke pondok, hiks.

Adalah sebuah pondok di kota Jogja, approximately 100 m dari monumen tugu, 100 m lagi sampe ke malioboro, percisely di daerah yang namanya gowongan kidul. Letaknya yang strategis (di tengah kota, deket stasiun tugu, ga jauh dr halte transjogja, ga jauh dari UGM, UNY, UAD, UII concat, dll) bikin pondok ini punya santri yang berasal dari bermacam-macam univ di jogja. Kayak apa sih pondoknya?

Well, pemandangan awal anda akan disuguhi dengan pemandangan gak hommy. Pager dari seng yang tertutup tinggi, corat-coret nama geng di tembok gerbang.. and papan nama pondok yang ga terlalu “nampang” di pinggir jalan... bikin kamu punya kesempatan untuk tersasar saat pertama kali mengunjunginya. Hmm.. tapi yah, kayak yg banyak org bilang...don't judge the book by its cover, maka akhirnya saya beranikan diri (halah) untuk membuka pintu seng depannya yang berbunyi 'nggiiikkk' tiap kali di buka....Dan....

SUBHANALLAH....indah sekali....

Anda akan di suguhi dengan halaman luas dengan pepohonan rimbun, tanaman yang dipangkas bulat, apik di pinggir2 temboknya...dan bangunan pondok yang megah berlantai tiga bergaya Jawa (pake atap kaya rumah joglo gtu..). Hmm..mari kita masuk sama-sama. Ada jalan setapak yang di pasangi tegel-tegel (baca: keramik) ke pintu masuknya, dan disamping kanan-kirinya ada tumbuhan tetehan yang tingginya sebadan kita dan terpangkas dengan apik. Memijakkan kaki pertama di ubinnya tak terasa ada debu..(gyahahaha....lebai, yaiyalah...aku kan pake kaoskaki, mana kerasa..!). Yah, agak kotor. Ternyata... usut punya usut karena waktu itu belum ada jadwal piket jadi pondoknya gak kinclong2 amat. Hmmhh.. yah itu sekilas tentang pondok pesantren mahasiswi yang aku tempati sekarang. Pondok ini di bina oleh Ummi Mimi Rahmasari, kalo kamu sering ikut KRPH (Kajian Rutin Pagi Hari) di masjid Mardliyyah UGM (samping RS Sardjito) kamu pasti tahu, atau kalau kamu mahasiswa UIN ato UMY (terutama yg ikut di ma'had ali bin abi thalib) pasti tahu beliau, soalnya ngajar di sana. Beliau orangnya low profile bgt n sederhana (menurut pengamatanku sejauh ini sih dan InsyaAllah memang begitu). Beliau lulusan Al-Azhar, pasti banyak banget ilmunya, makanya saya bilang orangnya low profile, soalnya gampang cair sama santrinya yang edan-edan ini.. Yah, itu sekelumit cerita tentang pondok. Insya Allah saya posting lagi cerita tentang kehidupan di pondok, ahhhh... gak sabar banget deh jadinya!! 1 Oktober..... I'm coming!!!!!!

Tidak ada komentar: