Sabtu, 20 November 2010

ESCAPEE^^

Bisa keluar dari jogja di waktu yang 'GENTING' seperti saat2 ini adalah hal yang LUAR BIASA bagi saya. Mengingat dan menimbang (halah) adalah sebuah anugerah saya bisa rehat sejenak dari yang namanya 'JOGJAKARTA' maka kesempatan beberapa hari di sini nggak akan saya sia-siakan

Tiba-tiba saya ingin terus di sini. dimana saja. asal nggak di JOGJAKARTA.

Ah. Kota itu bikin rasa saya jadi campur aduk nggak karuan.

FREEDOM.INDEPENDENT.
Ah..., kapan terakhir kali saya beridealisme seperti itu.

KAngennnn sama diri saya yang dulu. Yang nggak 'terkotak' sama jabatan ataupun posisi.

Tapi, saya terpana oleh sebaris paragraf di bukunya Putu Wijaya yang terbaru yang berjudul "KLOP". Begini isinya:

"Merdeka, apa kamu kira merdeka itu nikmat? Apa kamu kira merdeka itu bebas dari segala kesialan? Apa kamu kira merdeka itu berarti kamu akan mendadak kaya dan bahagia? Kamu memang goblok!

MERDEKA ITU ADALAH BEBAN.
Selangit beban di atas pundakmu sendirian. Merdeka itu adalah penderitaan. Mereka adalah sejuta kesengsaraan yang tidak ada putus-putusnya. Merdeka berarti kamu jalan sendirian, kamu tidak punya tuan dan majikan yang akan menolong jika kamu celaka. merdeka itu berarti kamu harus menghadapi keperihan, kesengsaraan, dan nasib buruk itu sendiri. Merdeka itu sakit. sakit yang maha besar. Tapi kamu harus bangga karena kamu terpilih untuk memikulnya.

"BERARTI KAMU DIANGGAP MAMPU. Kamu masih dipercaya. Kalau kamu masih dipercaya berarti kamu masih diperhitungkan. KALAU KAMU MASIH DIBERI KESENGSARAAN BERARTI KAMU MASIH HIDUP. KAMU BELUM JADI MAYAT, BELUM JADI ROBOT. BELUM MATI SEPERTI YANG LAIN. GOBLOK KALAU KAMU MAU BERHENTI MERDEKA.."
Dan saya sedikit tercekat.
Berpikir kembali tentang hari-hari yang sudah saya lalui beberapa tahun terakhir.

dan terus berpikir apa makna merdeka yang tepat?

Atau jalani saja. dan tak perlu pikirkan maknanya?
yah.
--------------------------"MAP IS NOT THE TERRITORY"----------------------------

Yah. hadapi. dan ikuti irama perjalanan hidup ini.Lalu temukan!!




Tidak ada komentar: